Piala AFF : Indonesia Sukses Tumbangkan Laos 5-1 Langsung Puncaki Klasemen

Timnas Indonesia sukses menggasak Laos 5-1 dalam laga kedua Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021). Kemenangan ini sekaligus membawa anak asuh Shin Tae-yong menduduki puncak klasemen grup.

Sejak menit awal, para pemain Timnas Indonesia telah mendominasi jalannya pertandingan. Sebaliknya, punggawa Laos hanya bisa bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik.

Babak pertama berjalan 22 menit, Indonesia membuka keunggulan melalui eksekusi penalti Asnawi Mangkualam. Hadiah ini diberikan setelah pemain Laos, Kydavone Souvanny menjatuhkan Alfeandra Dewangga di kotak terlarang.

16 menit berselang, punggawa Merah Putih kembali mencetak gol untuk menggandakan skor. Berawal dari crossing Asnawi di sisi kanan, Irfan Jaya berhasil merobek jala gawang Laos. Indonesia unggul 2-0.

Sayangnya di menit ke-40, pertahanan Indonesia lengah dan dimanfaatkan Laos untuk memperkecil kedudukan. Melalui skema serangan balik, Billy Katkeophomphone mencetak gol ke gawang Ernando Ari. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, pemain pengganti Witan Sulaeman sukses mencetak gol ketiga untuk Timnas Indonesia. Gol pemain Lechia Gdansk itu tercipta pada menit ke-56. Muncul dari second line, Witan mencetak gol setelah menerima umpan Irfan Jaya.

Setelah unggul tiga gol, Shin Tae-yong lantas menurunkan Ezra Walian dan Fachruddin Aryanto untuk menggantikan Dedik Setiawan dan Rizky Ridho. Ezra pun sukses mencetak gol pada menit ke-77.

Berawal dari kerja sama Ricky Kambuaya dengan Witan diakhiri dengan umpan silang. Crossing tersebut berhasil disambut dengan sempurna oleh Ezra dengan tendangan keras.

Pesta gol Indonesia belum berakhir sampai di situ. Gol kelima untuk skuad Garuda lahir pada menit ke-84 lewat Evan Dimas. Gelandang Bhayangkara FC ini mampu lepas dari pengawalan bek dan menaklilan kiper Laos.

Dengan kemenangan telak ini, Timnas Indonesia mantap memuncaki klasemen sementara Grup B dengan poin sempurna 6 dari dua pertandingan. ***

11,947 kali dilihat, 16 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *