Bikin Geleng Kepala, Begini Modus Kucing-kucingan Para Pemudik

Jakarta — Banyak cara dilakukan para pemudik yang nekad ke kampung dengan main kucing-kucingan dengan para petugas pelaksana operasi larangan mudik. Ada yang berusaha mengelabuhi petugas dengan menaiki ambulan dan pura-pura hendak melayat keluarga yang meninggal dunia, ada juga yang sengaja hanya mengenakan sandal jepit dan berbusana sederhana.

Para petugas lapangan yang bertugas menjalankan kebijakan larangan mudik kerap mendapati keunikan-keunikan modus masyarakat yang nekad hendak pulang kampung meski dilarang.

Modus-modus tersebut, bisa jadi membuat para petugas geleng-geleng kepala atau tersenyum masam. Betapa tidak, cara-cara yang dilakukan para pemudik itu sekilas terkesan lucu.

Pernah ramai di media sosial video rekaman sebuah truk bak terbuka yang diduga mengangkut para pemudik. Uniknya, para penumpang itu mengenakan kostum gorila. Mungkin maksudnya agar para petugas menyangka truk hanya mengangkut binatang sehingga truk tidak distop.

Berikut ragam modus yang dilakukan masyarakat di lapangan :

Naik truk sayur
Polisi menjaring satu truk pengangkut sayur yang rupanya juga diisi sejumlah pemudik di Tol Cikarang. Truk tersebut terjaring razia di kilometer 31 Tol Cikarang arah Cikampek, Kamis (6/5/2021) dini hari.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo membenarkan kejadian tersebut.

“Iya itu truk muatan sayur yang digunakan untuk mengangkut pemudik,” ujar Sambodo saat dikonfirmasi, Kamis (6/6/2021).

Pakai sandal jepit dan tak bawa barang
Petugas penyekatan mudik di Sumber Arta Bekasi, menemukan pemudik bersepeda motor yang pura-pura tak mudik. Mereka menggunakan modus berpakaian seadanya, seperti sandal jepit dan seolah tak membawa barang agar bisa lolos.

“Mereka yang terindikasi mau mudik ini, ada yang berpakaian seakan-akan nggak mudik. Pakai sandal jepit, pakaian yang alakadarnya dan biasanya mereka menyimpan barang-barangnya dalam jok motor,” ungkap Kapospam Sumber Arta, Ipda Bonin Suhanda.

Naik ambulans
Polisi juga menemukan modus baru masyarakat menggunakan Ambulan untuk keperluan mudik. Kejadian ini dipergoki petugas saat penyekatan hari kedua larangan mudik, Jumat (7/5/2021).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan petugas menemukan tujuh orang penumpang dalam mobil ambulans. Mereka beralasan kerabat dekatnya meninggal dunia sehingga mengharuskannya untuk melayat.

“Tadi di daerah Cikarang ditemukan satu buah mobil ambulans yang mencoba untuk mengelabui petugas melalui modus operandinya,” ungkap Yusri kepada wartawan.

“Satu ambulans ini isinya 6 orang, sama supir jadi 7 ya terdiri dari dua orang dewasa, dua orang ibu-ibu, dan dua anak-anak yang menyampaikan bahwa ada kerabatnya yang sakit dan meninggal dunia yang akan dijenguk ke luar daerah,” sambungnya. ***

1,935 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *