Diguncang Gempa 6,7 SR Warga Malang Serabutan

Jakarta — Warga Malang Jawa Timur mendadak geger, Sabtu (10/4). Sekitar pukul 14.00 WIB mereka berlarian dari dalam sejumlah mal.

Warga merasakan tanah berguncang cukup keras. Seketika pun warga Malang mencari tempat lapang agar tidak terkena runtuhan saat bangunan yang terguncang rontok.

Situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis keterangan tentang gempa berkekuatan 6,7 SR yang menggoyang Malang.

Menurut situs itu pula gempa pada Sabtu terjadi pukul 14.15 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 25 Km, berada di laut 90 Km barat daya Malang.

Menurut BMKG gempa yang juga dirasakan masyarakat di sebagian wilayah Jawa Timur diakibatkan aktivitas subduksi.

Meski memiliki magnitudo 6,7 dan berpusat di laut, namun gempat tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa juga dirasakan masyarakat di wilayah Surabaya, Jombang, Yogyakarta, hingga Bali.

“Dirasakan: (Skala) IV Karangkates, IV Malang, IV Blitar, III-IV Kediri, III-IV Trenggalek, III-IV Jombang, III Nganjuk, III Ponorogo, III Madiun, III Yogyakarta, III Ngawi, III Lombok Barat, III Mataram, III Kuta, III Jimbaran, III Denpasar, II Mojokerto, II Klaten, II Lombok Utara, II Sumbawa, II Tabanan, II Klungkung, V Turen, II Banjarnegara,” tulis BMKG melalui situs resminya, Sabtu (10/4).

“Mag:6.7, 10-Apr-21 14:00:15 WIB, Lok:8.95 LS,112.48 BT (90 km BaratDaya KAB-MALANG-JATIM), Kedlmn:25 Km, tdk berpotensi tsunami,” tulis BMKG.

Namun demikian, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi adanya gempa susulan.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” imbau BMKG.

Skala Mercalli, Modified Mercalli Intensity (MMI) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902. Skala Mercalli terbagi menjadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Skala IV MMI pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

III MMI jika getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

I MMI getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang.

Skala tertinggi, XII MMI hancur sama sekali, Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap. Benda-benda terlempar ke udara.

Di bawahnya, XI MMI bangunan-bangunan hanya sedikit yang tetap berdiri. Jembatan rusak, terjadi lembah. Pipa dalam tanah tidak dapat dipakai sama sekali, tanah terbelah, rel melengkung sekali.

2,036 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *