Minggu Depan Long Weekend, Begini Protokol Agar Liburan Tak Jadi Bencana

Jakarta — Long weekend atau libur panjang di akhir minggu akan terjadi minggu depan. Pemerintah memutuskan membuat libur bersama dalam rangka peringatan Maulud Nabi Muhammad Saw. Libur dimulai sejak Rabu (28/10) dan berakhir Minggu (1/11).

Diperkirakan akan terjadi eksodus masyarakat secara besar-besaran pada saat long weekend, menuju luar perkotaan. Sebagian untuk menikmati saat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, sebagian lain untuk berwisata di luar kota.

Namun dikhawatirkan, long weekend bakal menjadi kluster baru penularan Covid-19. Padahal saat ini laju penambahan pasien positif sedang melandai.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri memperkirakan puncak eksodus warga dari kota menuju luar kota dimulai sejak Selasa (27/10) hingga Rabu (28/10).

Sedangkan puncak arus balik diperkirakan bakal terjadi pada Sabtu (31/10) hingga Senin (2/11).

Bagi yang hendak berwisata, ada baiknya mengetahui sejumlah protokol yang harus dipatuhi sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

1. Pastikan dalam kondisi sehat sebelum melakukan kunjungan ke lokasi wisata. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, atau sesak napas sebaiknya tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut.

2. Jangan lepas masker selama berada di lokasi wisata.

3. Selalu jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

4. Jangan menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

5. Selalu menerapkan jaga jarak minimal 1 meter.

6. Setiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.

7. Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.

177 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *