Terapi Plasma Darah Tunjukkan Hasil Menggembirakan

Cirebon — Kabar melegakan bertiup dari Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Empat pasien Covid-19 yang mendapat terapi menggunakan plasma darah, menunjukkan hasil menggembirakan. Dua di antara pasien membaik, dua lagi dinyatakan sembuh.

Empat pasien mendapatkan transfusi plasma darah dari sumber berbeda. Plasma darah dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon diberikan kepada pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Mitra Plumbon dan RSUD Waled. Sedangkan dua lainnya mendapat plasma darah dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta, yakni yang dirawat di RSUD Waled.

Setelah mendapat terapi plasma darah dari RSPAD Gatot Subroto, dua pasien Covid-19 di RSUD Waled telah dinyatakan sembuh. Sedangkan dua pasien yang mendapat plasma darah dari PMI Kabupaten Cirebon di RS Mitra Plumbon dan RSUD Waled saat ini berangsur membaik dan sudah melepas alat bantu oksigen.

Plasma darah berasal dari donor penyintas Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni menuturkan, pihaknya mendapatkan plasma darah dari dua pendonor.

Eni menuturkan, terapi plasma darah hanya diberikan kepada pasien Covid-19 dalam skala berat.

306 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *