Top! Bulan Depan Vaksin Covid-19 Sudah Tersedia

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Jakarta — Dipastikan bulan depan vaksin Covid-19 yang ditunggu-tunggu akan tiba di Indonesia.

Untuk memastikan kedatangan vaksin tersebut, rombongan pejabat Indonesia terbang ke China. Sabtu (10/10) lalu Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir telah bertemu dengan pimpinan perusahaan produsen vaksin untuk memfinalisasi pembelian vaksin.

Sebanyak tiga produsen didatangi. Yakni Cansino, G24/Sinopharm dan Sinovac. Cansino berencana mengirim 100 ribu vaksin (single dose) pada November 2020, dan sekitar 15-20 juta untuk 2021.

Sinovac menyanggupi 3 juta dosis vaksin hingga akhir Desember 2020. Perusahaan itu juga akan mengirim 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) pada minggu pertama November dan 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) lagi pada minggu pertama Desember 2020, ditambah 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bulk.

Sedangkan untuk 2021, Cansino mengusahakan penyediaan 20 juta (single dose), Sinopharm 50 juta (dual dose), dan Sinovac 125 juta (dual dose).

Single dose artinya satu orang hanya membutuhkan 1 dosis vaksinasi. Sementara, dual dose dibutuhkan dua kali vaksinasi untuk satu orang.

69 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *