Untuk Dorong Kesadaran Masyarakat, Ketua DPR Minta Harga Tes Usap Diturunkan

Jakarta, — Angka kesembuhan terhadap Covid-19 di Indonesia masih lebih rendah ketimbang rata-rata dunia. Karena itu diperlukan upaya yang bersifat massal untuk mencegah penularan penyakit. Salah satu di antaranya dengan mendorong masyarakat melakukan tes kesehatan secara mandiri.

Menurut Ketua DPR RI Puan Maharani, kesadaran masyarakat melakukan swab test atau tes usap mandiri bakal meningkat jika tarifnya terjangkau.

Cucu Bung Karno tersebut mendesak agar pemerintah menurunkan tarif tes usap dan melakukan standarisasi harga.

“Kalau harganya diturunkan ini akan mendorong masyarakat untuk melakukan swab test secara mandiri,” kata Puan di Jakarta, Selasa (29/9).

Dikatakannya, peningkatan kesadaran masyarakat melakukan tes usap akan mempengaruhi upaya pengendalian dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, kesadaran masyarakat merupakan salah satu kunci penting memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena itu masyarakat juga perlu didorong untuk meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

294 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *