Pelayanan Kemetrologian yang Kreatif dan Inovatif, Upaya Direktorat Metrologi Menuju Zona Integritas

Direktur Metrologi, Rusmi Amin saat temu pelanggan Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) IV secara virtual, Rabu (2/9/2020).

 

BANDUNG(Tilongkabilanews.com)- Direktorat Metrologi Ditjen PKTN Kementerian perdagangan telah melakukan perubahan secara signifikan dalam memberikan pelayanan dibidang metrologi legal. Inovasi, kreavitas, dan kolaborasi dilakukan untuk memenuhi aspek penilaian menuju Zona Integritas yaitu: manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sumber daya manusia, penguatan SAKIP, penguatan pengendalian dan pengawasan sertya peningkatan kualitas pelayanan.

‘’Kami telah melakukan berbagai inovasi dan perubahan, tidak hanya untuk meningkatkan pelayanan dibidang metrologi legal yang diberikan oleh Direktorat Metrologi melalui UPTP IV, tetapi juga perubahan budaya kerja menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,’’ujar Direktur Metrologi, Rusmi Amin saat temu pelanggan Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) IV secara virtual, Rabu (2/9/2020).

Menurut Rusmi lebih lanjut,kenyamanan pelanggan adalah hal utama yang dibangun.Adapun  Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari para pelanggan  digunakan untuk membangun fasilitas dan infrastruktur yang pada gilirannya untuk pelanggan itu sendiri.

Selain itu, ucap Rusmin, pihaknya juga telah membangun laboratorium kreatif sebagai salah satu wadah untuk menciptakan inovasi-inovasi yang mendukung pelayanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Konsultasi, temu pelanggan, dan webinar dalam rangka menjalin komunikasi antara Direktorat Metrologi dan pelanggan termasuk pemerintah daerah dilakukan melalui laboratorium kreatif yang dibangun 2019 kemarin.

Pada kesempatan itu, Rusmin menyampaikan, sejalan dengan pengembangan instalasi uji untuk menyelenggarakan pelayanan dibidang metrologi legal, Direktorat Metrologi pada tahun 2021 siap untuk melakukan pengujian sesuai dengan persyaratan teknis yang direkomendasikan oleh Organisasi Internasional Metrologi Legal (OIML) dan menyeleraskan dengan kebutuhan pelaku usaha terkait pemenuhan SNI untuk alat ukur.

“Secara kemampuan, laboratorium uji yang dimiliki oleh Direktorat Metrologi akan mampu bersaing di tingkat internasional khususnya di kawasan ASEAN. Saat ini sudah hampir mencapai 100% kapabilitas instalasi Direktorat Metrologi untuk memenuhi Rekomendasi OIML. Petugas yang melakukan pengujian juga telah dilatih dan diuji kompetensinya begitu pula dengan ketertelusuran standar yang diajdikan acuan sehingga dapat melaksanakan pengujian dengan baik.” ujar Rusmin Amin didampingi oleh Kepala Balai Pengujian UTTP, Usman dan Kepala Balai Pengelolaan SNSU, Aen Jueni.

Rusmin menambahkan,upaya Direktorat Metrologi dalam membangun pelayanan dibidang metrologi legal dimaksudkan tidak hanya untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, tetapi juga mendukung program nasional yang dicanangkan pemerintah seperti program jaringan gas nasional, program ketahanan pangan (food etalase), dan pengamanan perdagangan.. (Lili)

2,471 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *