Taiwan Mulai Kembangkan Teknologi Layanan Kesehatan Pintar

 

TAIWAN- Dua peristiwa pandemi wabah SARS pada 2002 – 2003 dan Covid 19 yang terjadi di abad 21 menjadi ancaman terbesar bagi umat manusia. Bahkan wabah SARS tersebut telah menimbulkan kerugian ekonomi global yang mencapai 40 miiar Dolar AS. Demikian juga Covid 19 yang sedang berlangsung bisa menimbulkan kerugian lebih besar lagi.

Peristiwa ini dapat mengubah arah pengembangan industri di seluruh dunia, baik atau buruk. Sementara permintaan peralatan dan produk biomedis yang berkaitan dengan perawatan kesehatan dan pencegahan epidemi belum pernah sebesar atau sepenting saat ini.

Director of Strategic Marketing Department Taiwan External Trade Department , Chun Tse Wu dalam keterangan resminya yang dikirim ke redaksi Intifocus.com, Selasa (7/4/2020) mengatakan, Taiwan merespon dengan tenang dan rasional dalam menghadapi pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.

“Sebagai pulau yang relatif kecil, Taiwan telah menjadi pakem yang diikuti dunia. Selain memiliki fondasi kuat dibidang manufaktur, kemampuan untuk memproduksi masker dan pakaian pelindung dengan cepat untuk pencegahan epidemi telah memberikan dukungan terbaik bagi sistem medis canggih milik Taiwan” ujar Chun Tse Wu.

Chun Tse Wu melanjutkan,Taiwan mulai mengembangkan layanan kesehatan pintar sejak dini, menggunakan jaringan canggih dan teknologi komunikasi untuk mengumpulkan informasi layanan kesehatan.

Dijelaskan Chun Tse Wu,Taiwan berada di depan dalam menyadari betapa pentingnya digitalisasi urusan medis rumah sakit, dan bahkan pertukaran informasi antara lembaga medis yang berbeda. Sementara beberapa negara dalam krisis menghadapi kemungkinan jatuhnya sistem medis karena wabah, analitik data melindungi institusi medis Taiwan dengan memungkinkan mereka untuk menggunakan tenaga dan sumber daya secara lebih efisien.

Chun Tse Wu menyampaikan informasi,Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), Medical Taiwan 2020 (babak kedua) yang diselenggarakan oleh TAITRA akan menunjukkan pencapaian Taiwan dalam peralatan biomedis, sekaligus kontribusi Taiwan bagi masa depan yang lebih baik, lebih cerah dan lebih sehat untuk semua. ‘’Lebih dari 170 perangkat medis, produk perawatan kesehatan, perawatan senior dan solusi perawatan kesehatan pintar akan dipamerkan untuk menunjukkan era baru pemulihan pasca-epidemi di industri medis Taiwan,’’katanya.

Dia menambahkan kegiatan Taiwan Excellence akan mengundang perwakilan lembaga medis dan media dari AS, Jerman, Jepang, Singapura, Filipina, Indonesia, dan Malaysia untuk mengunjungi Taiwan dalam rangka pameran tersebut.

“Pada saat pencegahan epidemi masa depan adalah prioritas terbesar secara global, Taiwan Excellence akan menunjukkan kekuatan besar industri perawatan kesehatan Taiwan, dan memungkinkan lembaga medis Taiwan dan pemasok peralatan kesehatan untuk berbagi pengalaman sukses Taiwan dengan dunia”, pungkasnya. (Lili)

445 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *