Mendag Minta Industri Masker Utamakan Kebutuhan di Dalam Negeri

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto.

JAKARTA-  Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto dengan tegas meminta produsen masker di dalam negeri lebih memprioritaskan kebutuhan pasar di dalam negeri. Maksudnya industri masker di dalam negeri jangan melakukan ekspor produknya ke luar negeri, melainkan mengutamakan kebutuhan masker di dalam negeri.

Pernyataan itu disampaikan Mendag kepada media di sela-sela pelaksanaan Rapat Kerja (Raker) Kementerian Perdagangan, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

‘’Industri masker di dalam negeri agar tidak melakukan ekspor produknya,’’ujar Mendag Agus.

Selain  tidak melakukan ekspor, lanjut Mendag, pihaknya juga meminta produsen masker tersebut untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masker yang terus meningkat, seiring diumumkannya ada dua WNI yang dinyatakan positif terjangkit virus corona oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (2/3/2020).

Permintaan akan masker terus melonjak,sementara psokan masker pun menipis sehingga beberapa apotik membatasi pembelian masker. Demikian juga pabrik masker pun  membatasi pembelian oleh para distributor.

Adapun terkait kenaikan harga masker akhir-akhir ini, menurut Mendang disebabkan ulah para oknum yang sengaja menimbun masker dan menaikkan harga.

Mendag menambahkan, pemerintah mengimbau agar harga jual  produk tersebut harus sesuai dengan harga yang layak. (Lili)

 

457 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *