Strategi Peningkatan Kinerja Perdagangan Jadi Materi Pembahasan Raker Kemendag

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, menegaskan Kemendag siap mendorong penyederhanaan regulasi impor dan akselerasi peningkatan ekpor sekaligus tetap memperkuat pasar dalam negeri.

JAKARTA – Kementerian Perdagangan  (Kemendag) telah  menyusun beberapa strategi peningkatan kinerja perdagangan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo. Pertama, yaitu akselerasi peningkatan ekspor, meliputi penjagaan neraca perdagangan dengan mendorong ekspor, mengendalikan impor secara selektif, dan mengoptimalkan peran dan kinerja perwakilan perdagangan di luar negeri.
Kedua, penguatan pasar dalam negeri, di mana selama ini Indonesia berhasil menjaga stabilitas harga bahan pokok dan inflasi pangan selama lima tahun terakhir.
Pernyataan itu disampaikan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto  saat jumpa pers di sela-sela pelaksanaan Rapat Kerja (Raker) Kemendag dengan tema ‘’ Akselerasi Peningkatan Ekspor dan Penguatan Pasar Dalam Negeri Menuju Indonesia Maju’’, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Pembukaan Raker Kemendag tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara dan pelaksanaannya di lakukan di Hotel Borobudur, Jakarta.

‘’ Raker ini dihadiri oleh sekitar 450 orang yang terdiri dari kementerian, kepala badan, perwakilan perdagangan di luar negeri, dan dinas perdagangan di 34 provinsi,’’ujar Mendag Agus.

Dia menambahkan, pada raker ini juga akan dilakukan dua penandatanganan, yaitu nota kesepahaman pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) antara Mendag, Menparekraf , Menteri Koperasi dan UMKM , dan Perhimpunan Hotel dan Restoran di Indonesia (PHRI). Kemudian, penandatanganan pemberdayaan UMKM dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.
“Kedua nota kesepakatan antara perdagangan bertujuan meningkatkan peran sinergi daerah dalam peningkatan ekspor dalam negeri,” jelas.

Dalam raker ini, Kemendag  mengundang sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Lili).

258 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *