Panen Raya Maret – April, BULOG Serap 1,7 Juta Beras Petani

Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso.

JAKARTA- Berdasarkan laporan dari Kementerian Pertanian (Kementan), pada Maret dan April 2020, akan ada panen raya dan  surplus beras sekitar 2,8 juta ton. Terkait akan berlangsungnya panen raya tersebut, Perum BULOG bisa menyerap beras petani di seluruh Indonesia sebanyak 1,7 juta ton.

Hal itu disampaikan Dirut Perum BULOG, Budi Waseso yang akrab dipanggil Buwas kepada wartawan di sela-sela melakukan  sidak stok beras ke gudang BULOG, di Divre DKI dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (27/2/2020).

‘’Berdasarkan laporan dari Kementan, diketahui daerah mana saja yang akan panen raya. Jadi sudah dipetakan daerah-daerah yang akan panen,’’ujar Buwas.

Menurut Buwas ,panen raya dengan suplus beras sebanyak  2,8 juta ton itu, Perum Bulog optimis bisa menyerap beras hasil produksi petani di dalam negeri di periode Maret dan April sebanyak 1,7 juta ton.

Dia menambahkan stok beras yang ada di gudang BULOG saat ini sekitar 1,7 juta ton, dimana sekitar 900.000 ton adalah beras eks impor.

‘’Terkait stok ini, kami yakin dalam dua bulan ke depan bisa melepas sekita 500 ribu ton ke pasar,sehinggga stok sebelum dilakukan penyerapan beras petani, menjadi 1,2 juta ton,’’ ucap Buwas.

Kata Buwas,berdasarkan hitunganya, yaitu stok yang tersedia ditambah penyerapan beras petani pada Maret-April, maka stok beras yang tersimpan di gudang Perum BULOG sebanyak 2,9 juta ton.

Dia menambahkan,dengan stok beras Bulog yang cukup besar dan tersebar di seluruh Indonesia masyarakat tidak perlu khawatir dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini (Lili)

663 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *