Pekuat Struktur Industri Elektronika Melalui Upaya Menarik Investasi

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto didampingi Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin, R. Janu Suryanto meninjau para peserta Pameran Produk Elektronika Dan Telematika di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

..

JAKATA- Kementeriann Perindustrian terus berupaya  menarik investasi dalam rangka menguatkan struktur industri elektronika di Tanah Air. Tujunnya untuk menghasilkan produk substitusi impor serta memacu agar bisa menembus pasar ekspor.

“Hal ini juga sejalan dengan kebijakan mendorong pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN),” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harjanto dalam sambutannya pada Pembukaan Pameran Produk Elektronika Dan Telematika di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Kata Harjanto lebih lanjut, industri elektronika konsumsi dan komponen menjadi sektor yang terus berkembang secara konsisten dari tahun ke tahun. Aspek-aspek utama yang selalu dikembangkan oleh industri tersebut, antara lain berkaitan dengan kualitas produk yang meliputi standar keselamatan, efisiensi, dan lingkungan.

“Arah pengembangan yang saat ini menjadi perhatian di seluruh dunia adalah transformasi dari produk konvensional menjadi smart appliances,” ujarnya.

Karena itu,ucap Harjanto tujuan utama dari penerapan teknologi digital dalam peralatan elektronik adalah meningkatkan efisiensi dalam penggunaannya yang didasarkan dengan teknologi internet of things (IoT).

Harjanto pun menyampaikan, agar produk industri elektronika dalam negeri dapat bersaing di pasar global, diperlukan kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) dan ditopang oleh sumber daya manusia (SDM) yang kompoeten.

“Guna mendukung hal tersebut, pemerintah telah mengeluarkan super deduction tax yang dapat dimanfaatkan industri yang berinisiatif untuk meningkatkan kapabilitasnya,” jelasnya. (Lili)

 

641 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *