Kemenhub : Angka Kecelakaan Lalu Lintas dari Kalangan Pelajar Meningkat

JAKARTA – Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP), Kementerian Perhubungan kembali mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi kebijakan dan keselamatan transportasi melalui Kegiatan Pentas Edukasi Transportasi kepada para pelajar tingkat SLTA/sederajat.
Sosialisasi ini sudah yang kedua kalinya digelar sepanjang 2019. Setelah di Depok, kini digelar Pentas Edukasi Transportasi di SMKN 53 Jakarta Barat, Rabu (25/9)
Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP), Bambang Wijanarko menuturkan korban kecelakaan didominasi usia produktif, kalangan pelajar dan mahasiswa.

Menurut data pada 2017 Direktorat Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri mencatat terdapat 19.681 orang usia 15 -19 tahun menjadi korban kecelakaan lalu lintas dan meningkat menjadi 23.276 orang pada 2018.

“Kenaikan tersebut mencapai 18 persen, sedangkan berdasarkan pekerjaan korban tercatat kecelakaan lalu lintas terjadi pada pelajar atau mahasiswa sebesar 41.879 orang pada 2018 dan mengalami kenaikan lima persen dari 2017 sebesar 39.940 orang,” katanya di SMKN 53 Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Ditempat terpisah, Kepala BKIP Kemenhub, Hengki Angkasawan mengatakan kegiatan Pentas Edukasi Transportasi ini merupakan salah satu bentuk komunikasi Kementerian Perhubungan untuk mendekatkan diri secara langsung kepada stakeholder yang salah satunya adalah para pendidik dan para pelajar untuk menyampaikan informasi menyangkut fungsi Kemenhub dalam penyelenggaraan transportasi nasional.

“Salah satu yang juga menjadi fokus Kemenhub, adalah meningkatkan keselamatan bertransportasi. Prioritas untuk mengutamakan keselamatan dan memberikan pelayanan yang terbaik dalam pemberian jasa transportasi kepada masyarakat merupakan hal yang mutlak harus dilakukan,” jelasnya.

Hengki menegaskan, peningkatan keselamatan dilakukan untuk semua sektor transportasi baik darat, laut, udara, maupun perkeretaapian. (kuz)

 

193 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *