BULOG Sumut Siapkan Stok 52 Ribu Ton Beras Medium untuk Kebutuhan KPSH

Basirun selaku Pemimpin Bulog wilayah Sumatera Utara langsung terjun ke lapangan memimpin kegiatan Operasi Pasar.

 

MEDAN – Perum BULOG Kantor Wilayah Sumatera Utara (Sumut) memperkirakan pada  Oktober sampai dengan Desember 2019 kebutuhan beras medium akan terus meningkat seiring dengan masa paceklik.  Terkait menghadapi kondisi tersebut BULOG Sumut pun  telah menyiapkan stoknya sebanyak 52.000 ton lebih beras medium untuk kebutuhan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH).

“Jadi kalau harus menggelontorkan stoknya per hari 500 ton kami sangat siap, intinya masyarakat tidak perlu khawatir untuk ketersediaan stok beras di Sumatera Utara”ujar Basirun selaku Pemimpin Wilayah BULOG Sumatera Utara dalam  keterangan tertulisnya yang diterima redaksi  Intifocus.com, Rabu (25/9/2019).

Kata Basirun, realisasi pelaksanaan KPSH di Sumut per tanggal 23 September 2019 sebesar 13.126 ton, dengan rata-rata realisasi per hari 45 ton.

Kenaikan rata-rata kegiatan KPSH per hari akan memberikan sinyal kepada Perum BULOG Wilayah Sumut, bahwa pasar membutuhkan pasokan lebih banyak untuk meredam potensi gejolak harga beras menjelang akhir tahun.

Berdasarkan hasil pemantuan , ucap Basirun harga beras di beberapa pasar konsumen Kota Medan selama  September ini masih cukup stabil. Untuk beras Premium rata-rata Rp.12.250,- per kg (HET Rp.13.300,-), sedangkan beras Medium rata-rata Rp.9.562,- per kg (HET Rp.9.950,-).

Namun lanjutnya, memperhatikan pola pergerakan harga beras tahunan biasanya menunjukkan ada trend kenaikan harga beras sampai akhir tahun. Hal ini yang harus diantisipasi dari sekarang melalui kegiatan KPSH yang masif, sehingga kenaikan harga menuju akhir tahun dapat dikendalikan sedari dini.

Basirun mengatakan, gerakan KPSH yang masif, serta dengan keterlibatan seluruh Insan BULOG Sumatera Utara ini, dapat membawa semangat baru dalam pelaksanaan KPSH kali ini, khususnya menjelang masa-masa paceklik di akhir tahun 2019. ‘’Dengan turun langsung ke lapangan, kita akan mendapat berbagai masukan maupun perspektif baru dalam memasarkan produk-produk BULOG maupun mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat terkait stabilisasi harga pangan,” kata Basirun.

Dia menambahkan,KPSH yang dilaksanakan secara masif ini meliputi sebagian besar pasar-pasar di Kota Medan dan daerah lainnya di Sumut. Selain Satgas OP BULOG yang langsung turun ke pasar, KPSH juga dilakukan melalui pengecer di pasar tradisional, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta Mitra Distributor. Selain itu, BULOG Sumut juga siap memperluas jaringan dan titik distribusi sampai dengan titik kantor kelurahan/desa, pemukiman padat penduduk, maupun warung/toko di tingkat desa, melalui kerjasama dan koordinasi pemerintahan setempat.  (Lili)

632 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *