PUPR Selesaikan Pembangunan 2 Rusun Sekelas Apartemen

YOGYAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyelesaikan pembangunan 2 tower rumah susun di Yogyakarta. Keduanya adalah Yayasan Katolik Syantikara, diperuntukkan bagi para mahasiswi kampus di lingkungan yayasan tersebut dan Rumah Susun Khinanti di lokasi UGM.

Rumah susun Yayasan Katolik Syantikara terdiri dari 3 lantai 37 unit kamar dengan daya tampung 147 mahasiswi.

“Rusun ini progresnya sudah mencapai 100 persen bangunannya bagus dan segera diserahkan untuk dihuni, itu yang diharapkan” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid dalam kunjunganya di Yogyakarta pada (19/12/18).

Sedangkan pembangunan rumah susun Khinanti merupakan proyek tahun 2010  yang dibangun oleh DIKTI  yang tidak selesai. Presiden menginstruksikan kepada Kementerian PUPR  untuk melanjutkan  dan menyelesaikan bangunan tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya  Khalawi menjelaskan bahwa Rumah susun Khinanti yang sedianya 6 lantai ditambah bangunanya menjadi 7 lantai dengan penambahan struktur baru. Arsitekturnya pun khusus berbeda dengan rumah susun lainnya, dimana lantai memakai Homogenous tile yang lebih rapi, mudah perawatan dan harganya tidak jauh berdeda dengan keramik.

“Rumah susun ini setara dengan apartemen yang dilengkapi dengan  kamar mandi keramik dan mebel lengkap, juga ada ruang difable dan yang berbeda dengan rusun lain adalah  2 unit lift yang siap menunjang operasional rusun tersebut” ungkap Khalawi.

Desain rumah susun ini mengikuti desain lama dengan ditambah penguatan balok utama dan perbaikan kolom, kontruksi rusun ini sudah didesain gempa hingga  8 SR.

Dalam setiap unit tipe 24 sejumlah 290 unit ini dapat dihuni 2 orang sehingga daya tampungnya adalah 580 mahasiswa. “Pembangunannya ditarget selesai Insya Allah bulan Januari,” tambah Khalawi.

Untuk penghunian UGM telah menyiapkan calon penghuni dimana setiap tahunnya terdapat  mahasiswa baru yang perlu hunian.

Sebagai bahan informasi Ditjen Penyediaan Perumahan pada tahun 2018  di Daerah Istimewa Jogyakarta juga telah membangun beberapa rusun lain, yaitu Rusun Ponpes Muhammadiyah boarding school, Rusun Universitas Aisyiyah, Rusun Istana Presiden, 2 Tower rusun ponpes dan rusun mahasiswa.

2,789 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

One Reply to “PUPR Selesaikan Pembangunan 2 Rusun Sekelas Apartemen”

  1. Sudah saatnya kita sebagai rakyat merasa puas dengan keseriusan kinerja pemerintah, ini juga membuktikan negara hadir dengan karya-karya nyata untuk mendorong dan mempercepat kesejahteraan serta kemajuan bangsa, sekaligus bahwa keberpihakan negara kepada rakyat bukan hanya isapan jempol dan retorika. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *