SUDAH TAHU RUMUS PEMILU YANG BAIK? BEGINI MENURUT KETUA KPU

SURABAYA — Pemilu yang baik prosesnya dapat diprediksi namun hasilnya sulit ditebak. Itulah rumusan Pemilu yang baik versi Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman.

Pemilu yang baik predictable procedure unpredictable result, katanya.

“Jadi seluruh prosedurnya terprediksi dan semua orang tahu kapan pendaftaran kampanye pemungutan penghitungan semua orang tahu sehingga orang bisa mengikuti prosesnya. Tapi unpredictable result, selesai orang menggunakan hak pilihnya tapi hasilnya orang tidak langsung tahu,” papar Arief menjawab pertanyaan wartawan usai dijamu Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama delegasi Election Visit Program (EVP), Senin (25/6/18), di Surabaya, Jawa Timur.

Pemilu yang baik juga dapat dilihat dari keterlibatan masyarakat, baik pra, saat, maupun pasca pesta demokrasi.

“Sekarang masyarakat bukan hanya bisa melihat, memantau tapi bisa juga terlibat ketika KPU membuat PKPU, ketika menyusun daftar pemilih, semua bisa memberi masukan catatan dan bisa mengakses datanya atau pencalonan dimana ditampilkan tidak hanya nama dan foto pasangan calon tapi juga CV dan data pribadi lainnya,” lanjut Arief.

Arief menambahkan bahwa harapan dari semua upaya ini adalah peningkatan pengetahuan masyarakat untuk cerdas menentukan pilihan. “Harapannya dengan dia disajikan data yang cukup dia bisa menentukan mana yang terbaik,” tutup Arief. (kn)

1,187 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *