5 JAJANAN PASAR KHAS INDONESIA INI ASIK DINIKMATI SAMBIL NUNGGU PERTANDINGAN ASIAN GAMES

JAKARTA — Selain memiliki hidangan utama yang beragam, Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 juga mempunyai berbagai makanan ringan, seperti jajanan pasar atau kudapan yang kerap dijumpai di pasar, khususnya pasar tradisional. Jenis camilan yang bisa ditemui di pasar tradisional pun terbilang cukup beragam, baik gurih maupun manis.

Meskipun saat ini cukup banyak jenis makanan modern yang mengadaptasi kuliner yang berasal dari negara asing, namun ternyata pesona jajanan pasar masih memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia lho.

Oh iya, selain cita rasanya yang mampu menggugah selera, ragam makanan ringan yang kerap kita temui di pasar ini pun tidak akan membuat kantong kering kok, sebab harga yang ditawarkan memang sangat terjangkau.

Berikut ragam jajanan yang bisa jadi pilihan tepat untuk mengganjal perut, baik sebelum maupun seusai menyaksikan pertandingan Asian Games di Jakarta dan Asian Games di Palembang.

1. Kue Mangkok

Kue yang berbahan dasar tepung beras ini bisa dikatakan menjadi jajanan pasar yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Cara membuat kue mangkok pun tidak rumit, hanya perlu mencampurkan tepung beras, tepung terigu, dan tape singkong yang telah dihaluskan, kemudian tambahkan air gula dan baking powder, aduk hingga rata. Jika sudah, masukkan adonan ke dalam cetakan, lalu kukus hingga matang.

2. Lopis

Meskipun jajanan ini memiliki tampilan yang cukup mirip dengan lontong, namun lopis memiliki cita rasa yang manis. Cara membuat kue yang satu ini cukup sederhana, cukup merendam ketan dalam air selama kurang lebih setengah jam, tiriskan, lalu campur dengan air kapur sirih. Jika sudah, ambil daun singkong dan isi dengan ketan, bentuk menyerupai segitiga, kemudian kukus selama sekitar satu jam. Apabila sudah matang, sajikan dengan parutan kelapa serta gula merah cair.

3. Klepon

Berwarna hijau atau ungu, bertabur parutan kelapa, dan berisi gula merah di dalamnya, itulah klepon! Tertarik untuk membuat camilan ini sendiri? Caranya cukup sederhana kok, hanya perlu mencampur tepung beras, tepung ketan, garam, pasta pandan, serta air secukupnya. Jika sudah, bentuk menjadi bola-bola kecil, lalu isi dengan parutan gula merah. Setelah itu, masukkan ke dalam air mendidih hingga matang, kemudian taburi parutan kelapa.

4. Onde-onde

Kue berbentuk bundar bertabur biji wijen yang digoreng ini umumnya berisi kacang hijau. Untuk membuat onde-onde, harus membuat adonan kulitnya terlebih dahulu dengan mencampurkan air, garam, tepung beras, tepung ketan, kemudian uleni hingga tidak lengket di tangan. Setelah itu, isi adonan dengan kacang hijau yang telah dicampur dengan gula, garam, dan vanili secukupnya. Langkah terakhir, beri taburan biji wijen, lalu goreng hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan.

5. Kue Lumpur

Jajanan manis yang satu ini cukup mudah untuk kita temui di berbagai tempat. Namun, kita pun bisa membuat kue lumpur di rumah dengan mencampur telur, gula, vanili, serta kentang, tambahkan tepung terigu, santan, garam, dan margarin yang telah dilelehkan. Apabila adonan telah siap, masukkan ke dalam cetakan kue yang telah dipanaskan. Kita pun dapat menambahkan kismis atau kelapa di atasnya, lalu tunggu hingga matang.

Wah, deretan jajanan pasar di atas memang sangat menarik ya? Tak heran apabila hingga saat ini masih banyak orang yang menggandrunginya. Nah, di antara deretan jajanan pasar di atas, mana kira-kira mana yang menjadi favorit Anda?

2,687 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *