HANYA 5 JAM Rp 3,51 MILIAR UANG BARU LUDES DI GORONTALO

KOTA GORONTALO — Menjelang Lebaran Idul Fitri animo masyarakat Gorontalo menukarkan uang lama dengan uang baru sangat tinggi. Lokasi penukaran uang baru yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo, langsung diserbu warga. Sebanyak Rp 3,51 miliar uang baru yang disediakan di halaman rumah dinas Gubernur Gorontalo itu, ludes hanya dalam waktu sekitar 5 jam.

Uang baru yang disediakan terdiri dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, dan Rp 10.000.

Masyarakat telah berkerumun di rumah dinas gubernur pukul 08.00 Wita, untuk mendapatkan nomor antrian. Bank Indonesia menyediakan sekitar 900 nomor antrian. Hanya sekitar 1 jam seluruh nomor antrian habis dikantongi warga.

Kepala BI Perwakilan Gorontalo Ricky Perdana Godzali, mengatakan pada prinsipnya penukaran uang itu hanya dilakukan oleh masyarakat yang merupakan nasabah dari setiap bank kepada banknya masing-masing. Namun untuk bulan Ramadan dan dalam rangka menyambut Idul Fitri, pihaknya melakukan penukaran langsung kepada seluruh masyarakat yang ingin menukarkan uang mereka dalam bentuk pecahan uang kecil.

“Kita kali ini turun langsung ke lapangan, karena kita tahu bersama banyak sekali masyarakat yang ingin menukarkan uang mereka dalam pecahan kecil. Ini mungkin sudah menjadi tradisi menjelang hari raya idul fitri, jadi untuk mempermudah kita layani langsung di lapangan. Ini juga atas izin dari pak gubernur, bahkan beliau mengijinkan untuk menggunakan halaman rumah dinas ini sebagai lokasi penukaran,” jelas Ricky.

Melihat antusias warga yang begitu besar dan bahkan ada yang belum terlayani pada hari pertama, Bank Indonesia akan melakukan pelayanan serupa di lain hari.

“Kita lihat masih banyak warga yang belum terlayani. Besok akan kita lanjutkan lagi, dibuka lagi dari jam yang sama pukul 8 pagi. Kita bekerjasama dengan 14 bank yang ada di Gorontalo, jadi pelayananya lumayan cepat. Hari ini kita ajak 7 bank, besok gantian lagi 7 bank. Biar semua bisa melayani masyarakat,” tambahnya

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, yang turut menyaksikan proses penukaran uang tersebut mengatakan sangat bahagia, karena tahun ini Provinsi Gorontalo sudah memiliki kantor Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo yang baru, yang dibangun di atas lahan sebesar 1 hektar dari tanah hibah Pemerintah Provinsi Gorontalo. Di kantor BI yang baru, sudah terdapat tempat penukaran dan penyimpanan uang khusus untuk masyarakat di Provinsi Gorontalo.

“Kita lihat sekarang sudah digunakan kantor BI Perwakilan Gorontalo yang baru sangat besar dan megah. Ini bentuk kerjasama kita semua. Saya juga senang sekarang kita di Gorontalo sudah mempunyai tempat penukaran dan tempat penyimpanan uang baru di BI,” papar gubernur.

Rusli berpesan kepada masyarakat agar semua uang yang dimiliki jangan dihabiskan dalam waktu singkat.

“Pergunakan uang untuk membeli segala sesuatu yang benar-benar sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan,” tandas gubernur.

1,531 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *