Bagi Pria Ini Pandemi Datang Kocek Berkembang

Jakarta — Pandemi Covid-19 tak jadi alasan untuk menganggur bagi orang kreatif, seperti Paryanto. Warga Dukuh Ketangar, Kelurahan Karangjati, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora Jawa Tengah ini ‘menyulap’ limbah kayu menjadi aneka kerajinan kayu yang tembus pasaran ke Yogya dan Jawa Tengah.

Alhasil, meski terjadi pandemi namun kocek Paryanto tak pernah kosong.

Paryanto bercerita, semula dirinya seperti juga masyarakat Indonesia lain tidak boleh keluar rumah karena sedang terjadi Covid-19. Tidak enak berdiam diri, akhirnya Paryanto mencoba mengisi waktu luang dengan memanfaatkan limbah kayu berbahan jati dan mahoni untuk dibuat kerajinan.

Menggunakan penjualan online dengan dibantu anaknya, karya-karya Paryanto ternyata laku keras. Kerajinan buatannya mampu menembus kabupaten lain seperti Yogyakarta.

Di rumahnya Paryanto mengerjakan berbagai kerajinan kayu seperti talenan, cangkir, piring, sendok nasi, garpu, nampan nasi, mangkuk, teko dan centong nasi yang memikat.

Menurutnya, selain untuk pajangan di rumah, kerajinan yang dibuatnya bisa digunakan langsung seperti wadah makanan, minum dan mengiris bumbu dapur.

“Saya maknai ini berkah di masa pandemi. Bersyukur bisa menambah penghasilan,” ujar Paryanto.

551 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *