Kemenperin Beri Bea Siswa bagi Mahasiswa Angkatan Pertama Prodi Energi Terbarukan

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto

 

JAKARTA Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin melalui Politeknik Akademi Teknologi (ATI) Padang, berkomitmen mengembangkan keilmuan energi terbarukan dengan membuka program studi (prodi) Diploma IV, yaitu Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan

‘’Dibukanya prodi baru ini dalam rangka pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor industri melalui optimalisasi pelaksanaan pendidikan vokasi,’’ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Eko mengatakan lebih lanjut, dibukanya prodi baru  tersebut  untuk menjawab kebutuhan sektor industri saat ini terhadap SDM yang kompeten. Karena itu Kemenperin menyiapkan tenaga kerja dibidang industri energi terbarukan yang semakin banyak diminati.

Program studi baru di Politeknik ATI Padang tersebut,ujar Eko, diharapkan menghasilkan tenaga kerja yang kompeten pada bidang industri, khususnya energi terbarukan yang bisa langsung diserap oleh industri.

Dia menambahkan,bagi mahasiswa angkatan pertama program studi teknologi terbarukan di Politeknik ATI Padang, Kemenperin akan memberikan bea siswa.

Pada kesempatan itu, Eko memberikan alasan dibukanya prodi energi terbarukan ini, untuk mengatasi semakin menipisnya ketersediaan sumber energi fosil. Saat ini, energi terbarukan menjadi isu besar yang berpotensi mengubah peta geopolitik energi dunia. Kemajuan teknologi dan penurunan biaya teknologi membuat energi terbarukan tumbuh lebih cepat daripada sumber energi lainnya.

“Bahkan, beberapa teknologi energi terbarukan, seperti biodiesel atau bioethanol, sudah kompetitif dengan bahan bakar fosil,” imbuh Kepala BPSDMI.

Melihat potensi yang besar dibidang teknologi energi terbarukan, Eko mengajak calon mahasiswa untuk bergabung dengan program Diploma IV Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan di Politeknik ATI Padang. Pendaftaran mahasiswa dapat dilakukan melalui program Jalur Penerimaan Vokasi Industri (Jarvis) yang dapat diakses melalui website www.jarvis.poltekatipdg.ac.id hingga 24 Agustus 2020. (Lili).

 

789 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *