Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik PU TA 2020/2021 Gunakan Nilai Rapor Kelas 10

Jakarta – Politeknik Pekerjaan Umum (PU) memberi kesempatan bagi para lulusan SMA/SMK/MA Kejuruan atau yang sederajat untuk mengikuti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2020/2021. Pendaftaran telah dibuka secara online mulai tanggal 20 Mei 2020 hingga 22 Juni 2020 dengan mengisi formulir pendaftaran di website www.politeknikpu.ac.id dan mengunggah berkas administrasi.

Terdapat perubahan persyaratan untuk nilai rapor pada berkas administrasi yang harus diunggah oleh calon pelamar. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan kurikulum antara SMA (IPA) dan SMK/MA Kejuruan. Dimana pada pengumuman semula dipersyaratkan nilai rapor kelas 11 dan 12 (semestet 3, 4,5 dan 6), diubah dengan nilai rapor kelas 10 (semester 1 dan 2).

Selanjutnya untuk persyaratan kelulusan peserta seleksi yang semula diumumkan atas dasar pada pemenuhan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi dan pertimbangan nilai rapor kelas 11 dan 12 (semestet 3, 4,5 dan 6), diubah menjadi pemenuhan nilai UTBK tertinggi dan pertimbangan nilai rapor kelas 10 (semester 1 dan 2). Untuk persyaratan lain seperti surat keterangan/sertifikat kejuaraan/olimpiade prestasi bidang akademik atau bidang non akademik tetap sama.

Direktur Politeknik PU Prof. Indratmo mengatakan seleksi PMB Politeknik PU kali ini tidak dilaksanakan melalui tes tertulis tetapi dengan menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer dan jalur undangan prestasi akademik dan non akademik. Adapun kelulusan seleksi calon mahasiswa Politeknik PU akan diumumkan secara terbuka pada tanggal 5 Agustus 2020.

“PMB Politeknik PU TA 2020/2021 secara rinci akan dibuka melalui empat jalur penerimaan, yaitu jalur nilai UTBK yang menggunakan nilai raport dan nilai UTBK, jalur prestasi akademik yang menggunakan nilai raport dan prestasi akademik, serta jalur prestasi non-akademik yang menggunakan nilai rapor dan prestasi non-akademik seperti prestasi olahraga, kesenian dan minat bakat,” kata Indratmo.

Politeknik PU menawarkan tiga program studi diploma (D-III) yakni Teknologi Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan, dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung. Pada TA 2020/2021 akan diterima sebanyak 150 mahasiswa baru untuk untuk tiga program studi tersebut (50 mahasiswa tiap program studi).

Politeknik PU merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) rintisan baru di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dibuka sejak tahun 2019. Politeknik PU merupakan salah satu bentuk terobosan Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan dunia industri terhadap tenaga konstruksi terampil, dalam menghadapi tantangan global maupun tantangan nasional bidang Pekerjaan Umum serta mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan salah satu dari lima program prioritas Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wapres Kiai Ma’ruf Amin.

Politeknik PU memiliki keunggulan dibandingkan dengan Politeknik lainnya diantaranya adalah lulusan akan mendapatkan sertifikasi profesi level terampil, kompetensi lulusan sesuai kebutuhkan di lapangan, terdapat Kurikulum Mata kuliah khusus seperti Green Contruction, Preservasi Jalan dan Jembatan, Pengenalan Teknologi Maju, Mitigasi Keadaan Darurat (bencana), Drainasi dan Pengendalian Banjir, Peraturan Perundangan, dan keterlibatan industri konstruksi. Termasuk program career planning dengan menggandeng pihak industri untuk menyalurkan lulusan Politeknik PU.

196 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *