Kemendag Peduli Salurkan Bantuan Alat Kesehatan ke Rumah Sakit di Zona Merah Covid 19

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menyerahkan bantuan secara simbolis kepada tiga rumah sakit di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUD Budhi Asih, RSUD Tebet, dan RSKD Duren Sawit yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (29 Apr).

JAKARTA– Menteri Perdagangan Agus Suparmanto secara simbolis menyerahkan bantuan yang sebagian besar merupakan perangkat alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan kepada tiga rumah sakit di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUD Budhi Asih, RSUD Tebet, dan RSKD Duren Sawit, Rabu (29/4).

Penyerahan bantuan bantuan tersebut dilaksanakan di Kementerian Perdagangan, Jakarta, ini, merupakan hasil penggalangan bantuan dari pegawai Kementerian Perdagangan dan masyarakat yang dikoordinasikan melalui program ‘Kemendag Peduli’.

“Dengan semangat ingin mendukung tenaga medis di garis depan penanganan COVID-19, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada tenaga medis yang berada di garda depan melawan COVID-19 dengan memberikan bantuan alat kesehatan. Diharapkan, bantuan ini dapat sedikit membantu perjuangan para tenaga medis dalam melawan COVID-19 di Indonesia,” ujar Mendag Agus .

Bantuan yang diserahkan kepada tiga rumah sakit, jelas Mendag Agus, yaitu pakaian APD, masker medis, sarung tangan, cover sepatu, hand sanitizer, suplemen, penutup wajah (face shield), termasuk donasi berupa uang, dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing rumah sakit.

Berita acara serah terima bantuan tersebut ditandatangani Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan selaku Ketua Kemendag Peduli dengan masing-masing Direktur RSUD Budhi Asih, Tri Novianti; Direktur RSUD Tebet, Nailah; dan perwakilan RSKD Duren Sawit, Yoserizal.

“Bantuan APD ini disampaikan ke rumah sakit, mengingat masih adanya keterbatasan ketersediaan APD dan alat kesehatan. Ke depannya, Kemendag Peduli juga akan menyalurkan bantuan ke berbagai pihak yang bernar-benar membutuhkan di berbagai daerah, khususnya enam provinsi yang merupakan zona merah, termasuk wilayah DKI Jakarta,” ujar Oke Nurwan.

Pada kesempatan itu, Oke melaporkan posisi terkini jumlah donasi yang terkumpul melalui Kemendag Peduli, yaitu berupa uang sebesar sekitar Rp588,6 juta, 46 ribu buah masker, 20 ribu sarung tangan, 30 buah kacamata pelindung, 6.400 baju APD, 1.000 buah cover sepatu, dan 440 botol hand sanitizer. Selain itu, ada pula sejumlah obat suplemen atau vitamin, penutup wajah, dan disinfektan.

Dia menambahkan, ada pula bantuan barang kebutuhan pokok yang terkumpul berupa mi instan dan beras sebanyak 2,5ton yang akan disampaikan kepada pihak-pihak yang berhak.

Proses penyerahan bantuan Kemendag Peduli  ini disaksikan perwakilan sejumlah pelaku usaha dan asosiasi yang menitipkan bantuannya, antara lain Bursa Berjangka Jakarta, Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia, Asosiasi Lisensi Indonesia, Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia, Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Asosiasi Franchise Indonesia, dan Jakarta Future Exchange.

Hadir dalam acara ini juga Pejabat Eselon I Kementerian Perdagangan, yaitu Inspektur Jenderal Srie Agustina, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Suhanto, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kasan, dan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Tjahya Widayanti; serta Eselon II terkait yaitu Sekretaris Ditjen PDN Syailendra, Kepala Biro Umum Sugih Rahmansyah, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Budi Santoso, dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Olvy Andrianita. (Lili).

769 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *