Ketersediaan Pangan Saat Ini Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Hingga Ramadhan dan Idul Fitri

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan, Suhanto.

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengupayakan agar barang kebutuhan pokok (Bapok) masyarakat tetap tersedia dan terjaga kelancaran distribusinya.

‘’Berdasarkan laporan dinas provinsi yang membidangi perdagangan, harga rata-rata nasional barang kebutuhan pokok (Bapok) saat ini umumnya relatif stabil dibanding bulan lalu,’’ujar Direktur Jenderal  Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag, Suhanto kepada Intifocus.com, Rabu (15/4/2020).

Suhanto melanjutkan, bapok  yang harganya relatif  stabil saat ini, diantaranya seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging sapi, telur ayam ras, dan bawang putih.

Bahkan , kata Suhanto, beberapa komoditi sudah turun seperti daging ayam ras, cabe merah keriting, cabe merah besar dan bawang bombai.

Namun , kataSuhanto ,masih ada yang mengalami kenaikan terhadap harga pada bulan sebelumnya yaitu; gula pasir, bawang merah, serta cabe rawit merah.

Dia menambahkan,berdasarkan hasil pemantauan ketersediaan pangan di pelaku usaha dan hasil kunjungan lapangan ke gudang distributor dan pasar rakyat,dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai  Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

‘’Saya pastikan kondisi barang kebutuhan pokok saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga bulan puasa dan lebaran tahun ini, karena didukung data dari Kementerian Pertanian, terkait potensi produksi/panen di dalam negeri,’’imbuh Suhanto.

Khusus komoditi gula pasir dan bawang putih saat ini,tambah Suhanto, pihaknya sedang mengupayakan penambahan pasokan melalui impor serta penugasan ke BUMN dan swasta. (Lili).

476 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *