BULOG Gelar OP Pangan di Lima Pasar di Jakarta

Direktur Operasional dan Pelayanan Puli Perum BLOG, Tri Wahyudi Saleh sedang melaayani masyarakat yang membeli beras BULOGJAKARTA – Perum BULOG  menggelar Operasi Pasar (OP) komoditas pangan di lima pasar di Jakarta. Hal itu dilakukan guna menjamin stabilitas harga dan pasokan komoditas pangan.

‘Kegiatan OP ini  dilakukan guna mempertimbangkan hal yang sangat kritikal dan berhubungan langsung dengan penyediaan pangan,’’ujar oeh Direktur Operasinal dan Pelayanan Publik, Tri Wayudi Saleh, ketika meninja langsung kegiatan OP, di Pasar Kramat Jati, Jakara Timur, Rabu (18/3/2020).

Tri melanjutkan, kegiatan OP ini sebagai tindak lanjut dan arahan Pak Presiden tentang pelaksanaan dan pemantauan ketersediaan komoditas pangan di masyarakat. Karena itu BULOG meggelar Operasi Pasar agar masyarakat betul-betul melihat sendiri dan menjadi tenang,’’ kaa Tri Wahyudi.

Tri Wahyudi menjelaska, pemerintah melalui Perum BULOG melakukan optimalisasi kegiatan Operasi Pasar dalam rangka mencegah dan menangani terjadinya gejolak harga pangan, khususnya terkait kekhawatiran di masyarakat akibat pandemi virus corona. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di lima pasar utama di Jakarta yaitu Pasar Kramat Jati, Pasar Cempaka Putih, Pasar Mampang, Pasar Koja dan Pasar Tomang Barat.

Dalam operasi pasar ini, kata Tri BULOG menyiapkan kebutuhan pokok berupa beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu dengan harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat dan dengan kualitas produk yang bagus.

Tri Wahyudi  juga mengatakan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras, gula dan kebutuhan pangan lainnya yang menjadi tanggung jawab BULOG untuk bisa selalu tersedia di masyarakat.

Menurut Tri Wahyudi, BULOG menjamin kebutuhan beras, gula dan pangan lainnya tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut.

‘’Dalam kegiatan OP ini, BULOG menggelontorkan beras 10 ton per hari, Adapun kegiatan OP ini akan terus dilakukan sampai harga stabil.’’tutur

Pada kesempatan itu Tri Wahyudi menyampaikan jumlah stok beras  yang ada di gudang BULOG saat ini cukup besar , yaitu sebanyak 1,5 juta ton, sehingga  dipastikan  pihaknya mampu mengatasi kebutuhan lonjakan harga yang tak terduga akibat pandemi virus corona maupun menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri

‘’Terkait stok pangan yang tersedia d BULOG ini, masyarakat tidak perlu khawatir  akan kebutuhan pangan sampai dengan mulainya musim panen raya nanti,’’ujar Tri Wahyudi.

Kegiatan OP itu ternyata tidak  hanya dilaksanakan BULOG saja, melainkan ada pihak swasta, yaitu  PT Sugar  Group Companies, produsen Gulaku.

Perum BULOG bersama PT Sugar Group Companies, produsen Gulaku menggelar Operasi Pasar. Ini kegiatan OP pangan yang diselenggarkan di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timr, Rabu 18//3/202).0

.

Direktur PT Sugar Group Companies, Irwan mengatakan, pihaknya akan terus mengikuti kegiatan OP bersama BULOG.

‘’Gulaku sendiri akan terus menyediakan komoditi gula dengan merek Gulaku dalam kegiatan OP sebanyak 10 ton setiap hari. Maksudnya seperti kegiatan OP di Jakarta yang digelar di lima wilayah pada hari ini (Rabu,18/3/2020), Gulaku siapkan 10 ton,’’ujar Irwan.

Pasokan gula dari Gulaku untuk kegiatan OP, kata Irwan akan terus ditambahkan. Misalnya untuk kegiatan OP di Lampung yang digelar Kamis (19/3/2020), pihaknya menambahnya lebih banyak lagi.

‘’Pada prinsipnya Gulaku akan melakukan OP gula, sampai komoditi gula di pasa benar- benar terjadi penurunan harga. Adapun harga gula di pasar seperti di Jakarta sudah mencapa Rp 18.000 per kg. Padahal harga gula sesuai HET (Harga Eceran Teringgi) sebesar Rp 12.500 per kg,’papar Irwan.(Lili).

201 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *