775 Peserta Ikuti ‘Aviation On Run 2019’ dalam Kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan

JAKARTA – Sebanyak 775 peserta mengikuti kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan “Aviation on Run” 2019 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, pada Minggu (1/12). Kegiatan ini terselenggara bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi terhadap pentingnya keselamatan dan keamanan penerbangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan, Ditjen Hubud selaku regulator penerbangan terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya arti keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Kampanye kepada masyarakat ini terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan , contohnya adalah menyampaikan  aturan larangan bermain drone, layangan ataupun balon udara di daerah KKOP ( Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) yang dapat mengganggu penerbangan serta aturan aturan terkait bertransportasi udara yang benar sesuai PM 185 Tahun 2015 dan masih banyak aturan lainnya terkait penerbangan di Indonesia,” kata Polana di Jakarta.

Kampanye Keselamatan Penerbangan harus dilakukan oleh Ditjen Hubud melalui seluruh Kantor Otoritas Bandar guna menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait pentingnya keselamatan dan keamanan penerbangan.

Polana menambahkan, untuk memberi pemahaman kepada masyarakat dibutuhkan kerja keras dan komitmen bersama baik pemerintah selaku regulator serta stakeholder penerbangan. Langkah-langkah konkret antara lain melalui komunikasi, pengenalan pemahaman, perbaikan regulasi, peningkatan sarana, prasarana SDM dan lingkungan yang mendukung keselamatan bertransportasi.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Anung Bayumurti menjelaskan bahwa kampanye keselamatan yang dilakukan disamping mengenalkan Kantor OBU Wilayah VII Balikpapan juga mengadakan lomba lari dengan thema “Aviation On Run ”

“Kegiatan ini juga menggandeng seluruh stakeholder, operator penerbangan, instansi Pemerintah Daerah untuk menjadikan kegiatan ini sebagai suatu gerakan bersama yang dapat memberikan efek positif pada peningkatan awareness masyarakat terhadap hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perjalanan menggunakan pesawat udara,” jelas Anung.

Penjabaran Kampanye Keselamatan Penerbangan tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan lomba lari sejauh 7 kilometer, lomba Family Photo Competetion dan lomba photo/selfie Bubuhan Aviasi, penjelasan manfaat dari langsung kampanye dimaksud.

Selain itu, kegiatan turut memperkenalkan Maskot Direktorat Jenderal Perhubungan Udara “DIRGA” dengan slogan ” Selamanya” selamat aman dan nyaman yang merupakan media penyampaian pesan dan informasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara kepada masyarakat secara humanoid untuk menyampaikan informasi terkait aturan aturan pemerintah terkait keselamatan, keamanan dan kenyamanan selama penerbangan. (kuz)

223 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *