Indonesia Terpilih Jadi Anggota Komite pada Organisasi Expo Internasional

PARIS – Indonesia telah ditetapkan menjadi anggota Executive Committee periode 2019-2021 pada Bureau International des Expositions (BIE). Penetapan ini dilakukan pada General Assembly (GA) BIE ke 166 pada  27 November 2019 di Paris, Perancis.

BIE merupakan organisasi non komersial antar pemerintah yang bertugas untuk mengawasi dan mengatur pameran internasional ternama dunia seperti Dubai World Expo dan Triennalle de Milano.

BIE berdiri sejak tahun 1928 dengan misi untuk menjamin kualitas setiap pameran serta melindungi hak-hak penyelenggara dan peserta. Saat ini BIE beranggotakan 170 negara. Indonesia telah tergabung dalam organisasi ini sejak tahun 1997.

Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan, mengatakan dengan penetapan ini, Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang terpilih dalam komite BIE.

“Indonesia cukup percaya diri dapat menjalankan tugas di dalam komite karena pengalaman yang relatif panjang dalam penyelenggaraan pameran bertaraf internasional seperti Trade Expo Indonesia”.

Kata Marlop lebih lanjut, peran Indonesia di dalam Executive Committee nantinya adalah  memeriksa proposal negara pengusul penyelenggara pameran dan memantau rencana pelaksanaan pameran serta memberikan masukan kepada penyelenggara pameran.

Dia menambahkan,pada sidang ini juga dilakukan serangkaian pemilihan yakni Rules Committee, Administration and Budget Committee, Information and Communication Committee, pemilihan Sekretaris Jenderal BIE serta pemilihan President BIE. Mr. Dimitri Kerkentzes (Yunani) yang terpilih sebagai Sekretaris Jenderal yang baru, dan Duta Besar Korea untuk BIE H.E Mr. Choi terpilih menjadi President BIE yang baru.

Pada kesempatan terpisah Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional,Dody Edward,  mengatakan,melalui keanggotaan dalam dalam komite, Indonesia akan lebih mudah dalam mengusulkan sebagai tuan rumah pada expo yang diselenggarakan oleh BIE.

‘’Pertimbangan utama untuk menjadi tuan rumah akan memberikan manfaat dan dampak yang sangat besar perekonomian.’’ujar Dody.

Menurut Dodu, penyelenggaraan Expo sebesar ini di Indonesia akan menjadi pemicu dalam meningkatkan perekonomian di dalam negeri dan menambah kepercayaan dunia terhadap Indonesia untuk masuknya investasi asing dan kunjungan turis manca negara. (Lili)

417 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *