Diusia 55 tahun, FTUI Bangun “Sekolah Indonesia Cepat Tanggap” untuk Daerah Bencana

JAKARTA – Engineer  adalah orang yang berprofesi dalam bidang keteknikan, dengan kata lain Engineer adalah orang-orang yang merekayasa suatu solusi terhadap permasalahan dengan menggunakan pendekatan pengetahuan ilmiah dan teknologi. Dalam sehari-hari Engineer biasa disebut Insinyur.

Dekan FTUI, DR.Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. mengatakan Engineering merupakan salah satu pilar kemajuan pembangunan suatu bangsa dan negara. Hal ini terlihat dengan banyaknya teknologi yang sangat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya seperti teknologi digital yang masuk hampir seluruh aspek kehidupan.

“Tahun 2018, Indonesia memiliki 750.000 orang yang bergelar Insinyur namun yang bekerja sesuai keilmuannya hanya 9.000 orang artinya hanya 1.2%. Disamping itu, masyarakat umumnya menyampaikan bahwa insinyur identik dengan profesi membangun gedung dan/atau berhubungan dengan otomotif,” kata Hendri, di Jakarta, Selasa (5/11).

Akan hal tersebut, menurut dia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada tahun ini genap berusia 55 tahun memiliki sebuah program edukasi dan ‘awareness’ kepada masyarakat Indonesia mengenai penting dan menariknya profesi insinyur / Engineer dengan tema “Membumikan Engineering Untuk Indonesia”.

“Diusianya yang ke 55, tahun ini, sesuai tema Membumikan Engineering Untuk Indonesia, FTUI memberikan kontribusi berupa Sekolah Indonesia Cepat Tanggap untuk di daerah bencana dengan desain yang efektif dan efisien pembangunannya. Sekolah Indonesia Cepat Tanggap telah mendapatkan penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2019 se-Asia Pasifik sebagai institusi terbaik. Saat ini, sudah 5 lokasi dengan 18 ruang kelas yang telah dibangun oleh FTUI bersama IKATAN ALUMNI FAKULTAS INDONESIA (ILUNI FTUI) dan para donatur,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang lahir pada 17 Juli 1964 merupakan salah satu Fakultas tertua  di Universitas Indonesia yang saat ini memiliki  61 orang Guru Besar dan 239 dosen tetap dengan 80% bergelar Doktor. FTUI  juga telah memiliki 5376 mahasiswa S1, 1436 S2, 62 Profesi dan 237 S3. Dengan 7 departemen, 29 program studi (S1, S2, S3) dan 2 program profesi.

Tahun ini, FTUI bersama ILUNI FTUI mengadakan puncak acara 55 tahun berupa Expo yang menunjukkan Hasil Karya Unggulan FTUI, melakukan awareness kepada SMA/SMK dengan FTUI Goes To School dan juga memberikan edukasi kepada publik melalui talkshow.

“Acara ini kami lakukan di Publik Area yaitu Pondok Indah Mall 2 dengan tujuan mendekatkan Engineering kepada masyarakat sehingga masyarakat/public dapat berinteraksi secara langsung dengan dunia Engineering,” pungkas Hendri. (kuz)

178 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *