Buntut Serangan ke Wiranto, Jokowi Arahkan Semua Pejabat Negara Dilindungi Pengamanan

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung

 

Jakarta — Pengamanan pejabat di Indonesia dinilai cukup memprihatinkan. Terbukti Menko Polhukam Wiranto mendapat serangan di di alun-alun Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019) sekitar pukul 11.50 Wib.

Bereaksi atas serangan itu, Presiden Joko Widodo kontan memberikan arahan agar semua pejabat dilindungi pengamanan yang terjamin.

“Presiden langsung memberi arahan agar semua pejabat dilindungi pengamanan,” tutur Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Dia mengatakan hal itu usai menjenguk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (10/10) malam.

Menurutnya, di era Jokowi banyak menteri yang enggan mendapat pengawalan ketat. Peristiwa yang dialami Wiranto di Pandeglang tampaknya akan membuat ‘tradisi’ itu berubah.

“Presiden telah minta kepada kita, Menteri Sekretaris Negara dan Sekretaris Kabinet untuk segera mengkoordinasikan pengamanan terhadap pejabat negara,” papar Pramono.

Bentuk pengamanan, lanjutnya, tidak perlu berlebihan.

Seskab Pramono Anung juga menuturkan, setelah menjalani operasi selama 3 jam, Wiranto keluar dari ruangan operasi. “Beliau menempati ruang ICU untuk menstabilkan,” katanya.

Menko Polhukam Wiranto diserang dan ditusuk oleh seseorang menggunakan senjata tajam di Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019), sekitar pukul 11.50 Wib. Mantan Panglima TNI itu ditusuk saat hendak pulang ke Jakarta setelah menghadiri peresmian Gedung Kuliah Bersama di Universitas Mathla’ul Anwar di Kampung Cikaliung, Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi.

Baru keluar dari mobil, Wiranto mendadak ditikam orang tidak dikenal dari arah samping kiri mobil. Setelah kejadian itu Wiranto langsung dilarikan ke RSUD Berkah Pandeglang untuk mendapatkan pertolongan medis.

Merespon peristiwa mengagetkan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegas. Pemenang Pemilu 2019 itu perintahkan Kapolri, Kepala BIN, dan didukung TNI agar mengusut tuntas kasus penusukan terhadap Menko Polkam itu.

“Yang paling penting jaringan ini harus dikejar dan dituntaskan, diselesaikan,” kata Jokowi menjawab wartawan usai menjenguk Menko Polhukam Wiranto yang tengah dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Dari Pandeglang Wiranto diterbangkan ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut di RSPAD Gatot Subroto.

3,201 kali dilihat, 33 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *