Sriwijaya Exhibition Tampilkan Produk Unggulan IKM Sumsel di Jakarta

Direktur IKM Kimia, Sandang,Kerajinan dan Industri Aneka Kemenperin, E. Ratna Utarianngrum pada pembukaan Sriwijaya Exhibitio di Jakarta, Selasa, (8/10/2019).

 

JAKARTA -Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar Pameran bertajuk “Sriwijaya Exhibition” tahun 2019, yang berlangsung pada  8 – 11 Oktober 2019, bertempat di Plasa Pameran Kementerian Perindustrian. Jakarta.  Kegiatan pamaeran ini melibatkan 51 IKM yang berasal dari Sumatera Selatan.

“Sriwijaya Exibition ini, telah menjadi salah satu kegiatan tahunan yang dapat mendorong para perajin dari berbagai wilayah di provinsi Sumatera Selatan untuk semakin memperkaya kreativitas dan ide dalam berkarya.”kata Direktur  IKM Kimia, Sandang,Kerajinan dan Industri Aneka Kemenperin, E. Ratna Utarianngrum pada pembukaan Sriwijaya Exhibitio di Jakarta, Selasa, (8/10/2019).

Menurut Ratna, tujuan diselenggarakan Sriwijaya Exhibition  ini untuk memberikan manfaat bagi IKM Sumsel melalui pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam di Sumatera Selatan antara lain : Sawit, Karet, Kopi, Kelapa, Minyak Bumi yang dapat dipergunakan untuk Hiliriasasi Industri untuk meningkatkan nilai tambah.

Selain itu   juga  potensi industri kecil  lainnya di Sumatera Selatan antara lain: Songket dan Jumputan, Souvenir, Purun, Anyaman Rotan, Eceng Gondok, keramik , Industri Kecil Sandang dan lain-lain

Ratna mengatakan, melalui ajang pameran ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produksi dalam negeri, “sehingga bisa memfasilitasi terjadinya transaksi investasi dan bisnis perdagangan bagi IKM Sumatera Selatan.”tuturnya.

Ia pun menambahkan, hingga tahun 2018 jumlah IKM yang ada di Sumsel mencapai 65.682 unit usaha dan dapat menyerap tenaga kerja dengan total 216.824 orang.

“Sumsel memiliki sumber daya yang luar biasa untuk pengembangan sektor IKM. Hal ini dapat dilihat dari unsur kreativitas pada industri kerajinan dan sandang seperti produk kain songket,” sebutnya. Produk unggulan lainnya, yakni kerajinan kayu, rotan, anyaman, keramik, jumputan serta makanan khasnya seperti pempek, pindang, dan kerupuk ikan.

IKM, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi kekuatan untuk terus memberikan kontribusi kepada negara dan daerah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

Salah satu produk unggulan IKM Sumsel yang ditampilkan pada Sriwijaya Exhibition, d Plasa Kemenperin, Jakarta.Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan rasa optimis dan yakin dengan dukungan pemasaran melalui pameran seperti ini akan dapat memberikan motivasi yang cukup besar dalam menumbuhkan dan mengembangkan usahanya untuk menjadi lebih baik dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia dan dukungan saranan dan prasarana yang memadai, maka produk-produk tersebut akan mempunyai daya saing kuat dalam merebut pangsa pasar.

“Dengan terpenuhinya hal-hal tersebut diharapkan IKM akan mampu bersaing dengan para pelaku usaha lainya dan secara bertahap akan dapat membangun image yang baik terhadap produknya.“imbuh Herman. (Lili)

335 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *