Pembinaan Karakter Tenaga Kerja Industri Menjadi Bagian Penting

Sekretaris BadanPengembangan SDM Industri Kemenperin, Yulia Astuti. 

JAKARTA- Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memandang pembinaan karakter bagi tenaga kerja industri sangat penting. Alasannya agar tenaga kerja industri tersebut mempunyai sikap tanggung jawab, disiplin,jujur dan itegritas tinggi dalam bekerja.

‘’Pembinaan karakter bagi tenaga kerja industri saat ini menjadi bagian yang penting. Hal itu perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan daya saing industri itu sendiri,’’ujar Sekretaris Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) Kemenperin, Yulia Astuti di sela-sela penutupan Diklat 3 in 1 Operator Mesin Industri Garmen Berbasis Kompetensi angkatan 22, 23 dan 24 yang diselenggarakan Balai Diklat Industr (BDI) Jakarta kepada wartawan, di Kantor BDI Jakarta, Jum’at (6/9/2019).

Yulia melanjutkan, BSDMI melalui 7 unit kerja BDI yang tersebar di beberapa daerah dalam menyelenggarakan kegiatan Diklatnya tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan keterampilan saja, melainkan ditambahkan dengan  kegiatan pembinaan karakter bagi peserta Diklat tersebut.

Jadi, ucap Yulia, BPSDMI tidak ingin para peserta diklat hanya menguasai keterampilan atau keahlian sesuai kompetensi yang diajarkan para instruktur,tetapi mereka dibekali dengan pembinaan karakter,sebelum ditempat bekerja di industri.

‘’Dengan pembinaan karakter,peserta Diklat ini ini diharapkan bisa mengenal  dan paham serta dapat beradaptasi terkait lingkungan kerja sesunguhnya. Mereka bisa melaksanakan tugas pekerjaan dengan baik dan bertanggung jawab,’katanya.

Menurut Yulia, tidak kalah penting lagi, pekerja industri memiliki semangat disiplin dalam bekerja.Maksudnya,mereka itu tidak seenaknya saja dalam melaksanakan tugasnya.

Yulia menambahkan, perlu dilakukan pembinaan karakter ini atas usulan atau masukan dari pihak industri yang selama ini telah menjalin kerjasama dengan BDI dalam penyaluran kerja bagi peserta Diklat.

“BDI yang berada dibawah  naungan BPSDMI Kemenperin ini setiap dalam penyelenggarakan Diklat menerapkan program 3 in 1, yaitu pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penyeluran kerja bagi peserta Diklat itu sendiri,’’tuturnya.

Kepala BDI Jakarta, Hendro Kuswanto menambahkan,untuk pembinaan karakter para peserta Diklat ini pihaknya menjalin kerjasama dengan pihak aparat keamanan, seperti TNI AD.

‘’Dengan melibatkan pihak aparat keamanan seperti TNI AD ini diharapkan karakter terkait integritas, kedisiplinan,tanggung jawab dan jujur para peserta Diklat ini bisa melekat dalam jiwa mereka,’’pungkas Hendro. (Lili)

724 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *