Menkes Kunjungi Caregiver Indonesia di Panti Lansia Jepang

Jakarta – Dalam kunjungannya ke Jepang, Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F. Moeloek berkesempatan mengunjungi Panti Izumien Eldery Care dan Sakuraen Elderly Care di Tokyo. Di sini, Menkes menemui 19 perawat lulusan Indonesia yang bekerja di Jepang sebagai caregiver.

Para perawat yang ditemui Menteri Kesehatan di kedua panti tersebut sebagian besar lulusan institusi pendidikan keperawatan yang ada di daerah, seperti dari Nias, NTT, NTB, Denpasar, Semarang, Indramayu, Cirebon, Banyuwangi dan Sukabumi.

“Penempatan para perawat ini merupakan kerjasama Indonesia dan Jepang yang telah dilaksanakan sejak tahun 2008. Hingga kini, telah ditempatkan 2.445 perawat dengan skema Indonesia – Japan Economic Partnership Agreement (Ijepa)”, kata Nila di Tokyo, Rabu (26/6)

Menteri kesehatan sangat mengapresiasi para caregiver ini, karena tidak semua orang berkesempatan untuk bekerja di Jepang. Menkes terus mendorong agar para caregiver meningkatkan statusnya jangan hanya menjadi caregiver tetapi menjadi perawat yang sebenarnya atau Kangosi sesuai latar belakang pendidikannnya.

Pada kesempatan itu, Menkes berkeinginan untuk menggagas suatu wilayah di Indonesia, misalnya di Bali, dapat memiliki panti Lansia dengan sarana dan prasarana seperti di Jepang.

Selain itu, Menkes juga ingin menyelenggarakan suatu sistem asuransi kesehatan khusus bagi para Lansia, sehingga panti tersebut nantinya dapat memfasilitasi para Lansia di Jepang yang akan berlibur ke Indonesia. Misalnya pada saat di Jepang musim dingin para Lansia Jepan bisa dibawa ke Indonesia berjemur di Bali dan ditempatkan di panti bukan di hotel agar selama liburan tetap kesehatannya terjaga.

“Tentunya panti tersebut dilengkapi dengan SDM yang mumpuni di bidangnya, misalnya para caregiver dan para perawat yang sudah bekerja di Jepang dan habis masa kontraknya, dapat bekerja di panti tersebut,” kata Menkes Nila.

Kunjungan Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F. Moeloek ke Jepang dalam rangka mendampingi Presiden Jokowi yang akan menghadiri KTT di Osaka pada tanggal 28 Juni 2019. (kuz)

6,005 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *