Pesan JK : Kampus Perlu Cerminkan Pandangan ke Depan

Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Rektorat Universitas Islam Makassar (UIM), Madjdah Arifin Nu’mang, di kantor Wakil Presiden Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (17/12/18).

JAKARTA — Perguruan tinggi harus berorientasi pada kualitas, bukan jumlah mahasiswa. Jika mahasiswa terlalu banyak dikhawatirkan tidak dapat diatur lebih efisien.

Itulah pesan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat menerima tim dari Rektorat Universitas Islam Makassar (UIM) di kantor Wakil Presiden Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (17/12/18).

“Sekarang ini kita cenderung meminta Kementerian Pendidikan agar universitas negeri jangan terlalu banyak menerima mahasiswa, agar dapat lebih menjaga kualitas, oleh karenanya hal ini merupakan kesempatan bagi universitas swasta untuk mengambil bagian dari perkembangan ini, tetapi yang penting menjaga mutu dan kualitas,” ungkap JK.

Tokoh asal Makassar itu mengibaratkan kualitas kampus yang baik seperti rumah makan dengan menu enak. Rumah makan seperti itu, di mana pun lokasinya dan berapa pun harga hidangannya tetap akan dicari pembeli.

“Penampakan kampus juga harus lebih baik,” sambungnya.

JK menambahkan agar kampus di masa mendatang memiliki tampilan modern, tidak lagi memiliki tampilan yang berasal dari adat suatu daerah. Menurut JK hal seperti itu menandakan kampus berorientasi ke belakang.

“Kampus itu harus mencerminkan pandangan ke depan, tidak lagi ke belakang,” tegasnya.

Sebelumnya, Rektor UIM Madjdah Arifin Nu’mang membeberkan bahwa, dari tahun ke tahun minat masyarakat agar putera-puterinya melanjutkan pendidikan ke UIM terus meningkat.

“Kita menerima sekitar 2 ribu mahasiswa, Insya Allah dengan dibangun infrastruktur ke depan nanti UIM dapat berkembang lebih baik,” katanya.

Kepada Wakil Presiden, Madjdah menguraikan perkembangan infrastruktur kampusnya yang baru saja menyelesaikan pembangunan kampus tahap pertama.

“Pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat menunjang perkembangan UIM yang dari tahun ke tahun minat masyarakat semakin percaya pada UIM untuk anak-anaknya,” urai Madjdah.

471 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *