INI ALASAN JOKOWI PAKAI BAJU ALA BUNG TOMO DI BANDUNG

Presiden kepada wartawan usai mengikuti Gowes Bandung Lautan Sepeda di Kantor Gubernur Jawa Barat, Sabtu (10/11). (Foto: Humas/Agung)

BANDUNG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan alasan bahwa baju pahlawan seperti Bung Tomo yang dikenakan adalah untuk mengenang suasana sejarah masa-masa perjuangan tahun 1945.

“Ini kan hari Pahlawan, 10 November. Suasana sejarah di tahun- tahun ’45, masa-masa perjuangan. Suasana itu yang tadi kenapa saya pakai pakaian ini,” jelas Presiden kepada wartawan usai mengikuti Gowes Bandung Lautan Sepeda di Kantor Gubernur Jawa Barat, Sabtu (10/11).

Mengenai semangat yang ingin digelorakan, Presiden Jokowi menegaskan itu adalah semangat untuk membangun negara, untuk terus membangun negara.

“Saya kira semangat-semangat pahlawan dulu juga sama. Semangat untuk merdeka setelah itu semangat untuk membangun negara, semangat untuk memajukan negara, semangat untuk membuat Indonesia maju. Semangat di situ,” jelas Presiden.

Gowes Bandung Lautan Sepeda digelar Kodam III/Siliwangi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November. Dalam acara itu Presiden mengayuh sepeda bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mulai mengayuh sepedanya masing-masing. Selain itu tampak hadir juga Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Adapun rute yang ditempuh Presiden yaitu Gedung Sate – Jalan Diponegoro – Jalan Ir. Juanda – Jalan Merdeka – Jalan Aceh – Jalan Banda – Pintu Belakang Gedung Sate.

Di sepanjang perjalanan, masyarakat tampak menyambut Kepala Negara dengan melambaikan tangan maupun bendera kecil. Kepala Negara pun membalas lambaian tangan mereka sambil tersenyum sambil terus mengayuh sepedanya.

2,485 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *