SENIMAN LENONG SAMBUT GEMBIRA FESTIVAL BUDAYA GORONTALO-BETAWI

JAKARTA — Pimpinan Lenong Dines, Tutur Dines, menyambut gembira penyelenggaraan Festival Budaya Gorontalo-Betawi dalam acara halal bihalal organisasi masyarakat perantau asal Gorontalo, Lamahu, di Silang Monas, Jakarta, Minggu (8/7/18).

Menurut tokoh seniman Betawi itu, Jakarta perlu direpresentasikan sebagai wajah Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan, sehingga terbuka untuk disajikan bersama-sama dengan kesenian maupun kebudayaan lain di nusantara.

Meski begitu Tutur berharap, kerja sama kebudayaan perlu ditingkatkan, misalnya dengan pertunjukan maupun seminar kebudayaan Betawi di daerah-daerah.

“Apa lagi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, merupakan putera terbaik Gorontalo, saya kira sangat perlu kerja sama antara Betawi-Gorontalo ditingkatkan, bukan hanya di sektor seni dan budaya akan tetapi juga sektor ekonomi, sosial, pariwisata, dan lainnya,” kata Tutur.

Dia juga mengatakan, ke depan sebaiknya kerja sama kebudayaan tidak hanya mementaskan produk budaya di satu panggung namun dipresentasikan terpisah.

“Saya kira bentuk kolaborasi budaya yang paling tepat adalah membuat kreasi bersama antara seniman budayawan Gorontalo dengan Betawi, misalnya dengan membuat Lenong Gorontalo, atau pertunjukan lenong yang dihiasi kesenian Gorontalo seperti polo palo atau langga,” pungkasnya.

26,495 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *