PEMERINTAH JAMIN BBM IDUL FITRI AMAN DI SEMUA SPBU

JAKARTA — Pasokan BBM dan LPG 3 kg menjadi perhatian utama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2018. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sebagai koordinator Posko Nasional ESDM menjamin pasokan BBM dan LPG 3 kg aman.

“Yang mesti kami betul-betul perhatikan adalah untuk BBM Jamali, non Jamali, juga JBKP, dan LPG 3 kg, di luar itu relatif aman,” terang Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa seperti termuat dalam keterangan resmi esdm.go.id.

Ia menyebut puncak konsumsi BBM akan terjadi pada saat arus mudik, yakni pada H-6 dan H-2, serta pada arus balik H+4 dan H+8.

“Karena masa masa libur ini panjang, kami sudah analisis memang terjadi 2 kali pada saat arus mudik dan arus balik. Ini khusus utk BBM Gasoline,” ungkapnya.

Sementara, kata Ifan, untuk solar puncaknya di H-6 akan terjadi kenaikan 56%, yakni mencapai 55.122KL. Namun, karena ada kebijakan pembatasan mobil truk, maka ia memprediksi akan terjadi penurunan yang drastis pada hari H Idul Fitri. Angkanya diprediksi akan sebesar 14.205 KL.

Tambahan Pelayanan BBM

Selain itu untuk melayani masyarakat, Kementerian ESDM telah berkoordinasi dengan Pertamina dan AKR Corporindo untuk memberi tambahan pelayanan BBM, di luar SPBU yang sudah ada.

“Untuk tambahan di luar SPBU yang ada, Pertamina akan mengoperasikan Serambi Pertamax sebanyak 13 layanan, KiosK Pertamax 60 layanan, motoris kemasan sebanyak 200 unit, kantong BBM 105, dan mobil dispenser 16 unit,” terangnya.

Selain itu, kata Ifan, AKR juga akan mengoperasikan 3 layanan Kios kemasan. Jika dimungkinkan pihaknya akan meminta tambahan lagi hingga 10 layanan. “Kita juga mengundang Shell dan Total untuk buka kios-kios, ini akan membantu masyarakat,” ujar Ifan.

Pasokan Gas

Di samping itu, jargas, menurut Ifan, diprediksi aman, dan cadangan LPG 3 kg sudah ditambah sekitar 17% dari rata-rata cadangan harian. “Kalau untuk jargas semua aman. PGN dan Pertagas Niaga menyampaikan semua aman. Sosialisasi keamanan kepada masyarakat tidak ada masalah di sana,” katanya memastikan.

Pertamina juga kata Ifan sudah mengamankan LPG 3 kg, cadangannya sudah disiapkan untuk dinaikkan sekitar 17%, dari rata-rata harian 23.124 metrik ton dinaikkan mjd 27.000 metrik ton.

“Selama masa satgas Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina menjaga ketahanan stok LPG pada level aman dengan rata-rata 17,6 hari, di atas ketetapan Pemerintah sebesar 11 hari,” tambahnya.

1,151 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *