WAH, KATA PENELITI OTAK WANITA TERNYATA LEBIH AKTIF

DUNIA masih didominasi kaum pria. Di banyak belahan dunia kaum Adam dianggap memiliki kompetensi pada banyak hal yang sangat menentukan kehidupan. Di tempat-tempat itu pula kalangan perempuan dianggap tidak memiliki peran yang menentukan. Bahkan kadang-kadang kewenangan kaum perempuan tidak lebih tinggi ketimbang anak lelakinya.

Padahal banyak terjadi, terutama di lingkungan pendidikan, kaum perempuan mampu meraih nilai lebih tinggi ketimbang siswa.

Paradigma yang menempatkan kaum perempuan hanya sebagai followers kaum lelaki, agaknya memang perlu diubah. Apa lagi telah muncul hasil penelitian yang menemukan otak kaum perempuan lebih aktif dibandingkan dengan otak kaum pria.

Penelitian dilakukan Amen Clinics in Newport Beach. Para peneliti melihat aktivitas otak dari 46 ribu orang. Peneliti berusaha menemukan gambaran dan memahami seperti apa neurologi terpengaruh pada dua jenis kelamin.

Penelitian dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada subjek sehingga melakukan aktivitas kognitif, lalu peneliti mengukur aliran darah ke otak saat subjek tidak melakukan apa-apa.

Hasil penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of Alzheimer’s Desease menyebutkan, otak wanita ternyata lebih aktif di bagian korteks prefrontal. Itu adalah wilayah otak yang berhubungan dengan pengambilan keputusan, fokus, dan kontrol impuls.

Ternyata pula hal itu menjelaskan mengapa kaum perempuan biasanya memiliki intuisi lebih kuat, rasa empati lebih besar, dan kendali diri yang lebih baik ketimbang kaum laki-laki.

Penelitian juga melihat bahwa otak perempuan juga menunjukkan lebih banyak aliran darah di daerah limbik yang mengendalikan fungsi dasar seperti kelaparan dan haus. (kn)

20,513 kali dilihat, 22 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *