INI HEBATNYA ORANG MINANG MENURUT JK

JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengingatkan masyarakat Minang untuk menjaga dan mempertahankan tiga karakter Orang Minang yang sudah menjadi ciri khas. Yaitu mumpuni dalam bidang keagamaan, ahli dalam dunia usaha, dan menguasai ilmu pengetahuan.

“Selalu saya katakan Orang Minang dikenal karena kecerdasan, suka merantau dan berdagang, kemudian tingkat keagamaannya yang baik,” kata Jusuf Kalla saat menyampaikan sambutan pada acara buka puasa bersama dengan pemuka masyarakat Minang/Sumando dan Dewan Penyantun Universitas Andalas, di Istana Wakil Presiden Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (30/5).

Lebih lanjut disampaikan Wapres, tokoh Minang sejak sebelum kemerdekaan hingga merdeka memang memiliki kehebatan, sehingga setengahnya dari mereka masuk dalam lingkaran Bung Karno.

“Semalam saya baca riwayat hidup Agus Salim, jadi di sekitar Bung Karno ternyata hampir setengahnya Orang Minang, ada Syahrir, Bung Hatta, Agus Salim, juga Muhamad Yamin,” terang Wapres.

Menurut Wapres, kehebatan tokoh-tokoh tersebut modalnya adalah kecerdasan otak dan pikiran. Itu pula yang menurutnya membedakan dengan para tokoh pahlawan nasional dari daerah lain.

“Tidak ada foto pahlawan asal Minang yang membawa tombak, tidak ada, tetapi kalau orang Sulawesi Selatan selalu tombak yang dibawa, kalau tidak ada tombak bukan pahlawan,” kata Wapres.

1,616 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *