BEGINI PENAMPAKAN MENTERI AGAMA DI PERINGATAN HARI PANCASILA

JAKARTA — Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni digelar penuh warna busana adat Nusantara yang dikenakan Presiden, pimpinan lembaga tinggi Negara, menteri Kabinet Kerja, dan undangan.

Upacara peringatan Hari Pancasila digelar di Gedung Pancasila yang berada di Komplek Kementerian Luar Negeri, Jakarta (01/06).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang memimpin doa pada upacara tersebut tampil dengan balutan busana adat khas Alor Nusa Tenggara Timur (NTT).

Warna merah mendominasi kain tenun dengan ornamen warna kuning khas Alor yang membalut tubuh Menag, dan tampak beberapa helai bulu yang menghiasi topi yang dikenakannya dus kain kecil yang menjuntai di sisi kedua telinga Menag dengan warna senada.

Di pinggang Menag, terselip senjata tajam khas Alor menjadikan sosok Menag tampak elegan dan wibawa.

“Busana ini merupakan bentuk penghormatan saya terhadap masyarakat Alor NTT,” ujar Menag ketika ditanya alasan mengenakan busana adat tersebut.

Dikatakannya, tidak ada persiapan khusus untuk menyiapkan busana adat tersebut, ia hanya menghubungi kantor perwakilan provinsi NTT di Jakarta untuk konsultasi dan menyiapkan busana adat NTT yang cocok dikenakan saat upacara Peringatan Hari Pancasila.

869 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *