KAMAR KHUSUS DISABILITAS DI WISMA ATLET KEMAYORAN RAMPUNG AWAL JULI 2018

JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan renovasi sebanyak 1.000 kamar bagi penyandang disabilitas dan fasilitas lainnya di Wisma Atlet Kemayoran untuk mendukung Asian Paragames yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 6-13 Oktober 2018. Diperkirakan jumlah atlet yang akan berlaga pada ajang Asian Paragames sekitar 3.000 atlet dengan jumlah atlet dengan kursi roda sekitar 1.000 orang.

“Progresnya kini sudah 35% dengan anggaran sekitar Rp 185 Milyar dan ditargetkan selesai awal Juli 2018,” kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid saat meninjau lokasi Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Dari sepuluh tower wisma atlet, hanya lima tower yang akan digunakan untuk atlet Asian Paragames yakni tower 3 hingga tower 7 di Blok D10. Total unit yang direnovasi 200 unit setiap tower sehingga ada 1.000 unit kamar yang disiapkan.

Selain itu, ada juga penambahan 6 unit lift difabel per tower yang disiapkan Kementerian PUPR untuk memberikan kenyamanan saat tinggal di Wisma Atlet. Renovasi terutama pada tower 3 dan 4 kapasitas yang semula untuk 3 tempat tidur berubah menjadi 2 tempat tidur.

Selain itu dilakukan pelebaran ukuran pintu kamar agar bisa dimasuki kursi roda, perbaikan akses ke kamar mandi, ramp & treshold pada lantai berbeda elevasi, tactile pada lantai untuk penuntun arah pada area publik, signage & directory pada area publik dan railing pada tangga.

Saat pembangunan selesai, akan dilakukan serah terima dari Kementerian PUPR kepada Inasgoc untuk pengelolaannya. Wisma atlet Kemayoran sudah dilakukan uji coba dengan ditempati oleh para atlet yang mengikuti tes event beberapa olahraga beberapa waktu lalu sehingga mendapatkan masukan untuk perbaikan lebih baik.

Kementerian PUPR sebelumnya sudah menyelesaikan pembangunan Wisma Atlet Asian Games sebanyak 10 tower. Terdiri dari tiga tower di Blok C-2 dan tujuh tower di Blok D-10. Untuk Blok C-2 memiliki total unit hunian 1.932 unit dan Blok D-10 memiliki 5.494 unit hunian.

Unit kamar yang dibangun merupakan tipe 36 dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jemur. Setiap unit Rusun sudah dilengkapi dengan meubelair seperti tempat tidur, lemari pakaian, kursi dan meja tamu, pendingin ruangan dan penghangat air di setiap kamar mandi. Diperkirakan wisma atlet ini dapat menampung sebanyak 22.278 orang atlet.

2,176 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *